Sunday, October 25, 2009

Neo-Salafisme Wahabi: Ironi Teologi dan Pendangkalan Islam

Oleh : Mukti Ali
(Penulis masih tingkat akhir Akidah-Filsafat, Ushuluddin, Univ. Al-Azhar Kairo)

Awalnya Wahabi adalah sebuah gerakan dakwah, yang diusung oleh Muhammad bin Abdul al-Wahab, seorang Baduwi Najd. Setelah mendapatkan dukungan politik dari Ibnu Sa’ud, seorang politikus handal, Muhammad bin Abdul al-Wahab bersekongkol dengannya membentuk arus oposisi menentang kekuasaan Dinasti Ottoman. Targetnya adalah mewujudkan mimpi terbentuknya kekuasaan independen, yang mengusung ideologi Islam yang bercita-rasa literalis, berorientasi ke belakang (semakin ke belakang mendekati zaman Nabi dianggap semakin murni?), dan mengkebiri cara berfikir religius yang substansial dan multi-dimensional: mencemooh filsafat, mantik dan tasawuf.
Wahabi telah menitik tekankan pada aspek teologi (tauhid) sebagai arena atau wilayah “pemurnian”. Ada pembengkakan wilayah teologi yang diupayakannya. Wahabi berasumsi bahwa ani-tesa tauhid adalah musyrik. Dan musyrik dibagi menjadi dua, yaitu syirik kecil dan besar. Syirik besar bersifat jahri (jelas) adalah sikap yang berlebihan terhadap selain Tuhan, dimana sikap itu sejatinya hanya layak dipersembahkan untuk Tuhan. Jika sikap itu dilakukan, kata Wahabi, maka terejawantahkannya pemberhalaan (tawtsien). Ziarah dan tawashul terhadap kuburan Nabi, para sahabat dan orang-orang salih, sikap memuliakan batu atau sampah, dan mencintai orang-orang salih dianggap oleh Wahabi adalah sikap yang “berlebihan”, karena itu sebagai wujud pemberhalaan. Pandangan ini akan berimplikasi mensejajarkan Nabi dan orang salih dengan batu atau sampah, yang sama-sama tidak boleh disikapi secara berlebihan, lantaran dianggap sama-sama bukan Tuhan.
Kita tahu bahwa sikap “berlebihan” adalah masalah yang sangat relatif dan kondisional. Terbukti, betapa hidup keseharian adalah cermin bagi kita untuk mengaca diri, betapa kita telah membeda-bedakan cara penyikapan terhadap sekian banyak jenis manusia. Para orang bijak jaman kuno sudah lama mengingatkan kita akan perlunya sikap adil: meletakkan sesuatu (atau manusia) pada tempatnya. Kata Aristoteles dalam Ethica Nicomachea-nya: “Sikap egaliter (musawa) tidak selamanya cerminan dari sikap adil. Adil adalah sikap proporsional, bukan egalitarianisme total”. Kebutuhan seorang mahasiswa berbeda dengan seorang siswa SD, SMP dan seterusnya. Menghadap ke presiden akan berbeda dengan menghadapi wong cilik. Perbedaan adalah wajar untuk mewujudkan rasa adil. Tapi bukan berarti berbeda. Wahabi, yang menyamakan Nabi dan orang salih dengan batu atau sampah, yang dianggap sama-sama makhluknya, kiranya tak tepat mengartikan makna adil.
Islam idealis dengan patokan teologi rigid yang diandaikan Wahabi menjadikannya sebagai sekelompok Serigala berbulu Domba: menawarkan ke-beradaban dengan cara-cara yang “biadab”. Menyergap kelompok yang lain dan yang berbeda. Nyatanya, setelah gerakan oposan Wahabi mendapatkan bekingan dari Inggris, mereka berhasil memisahkan diri dari Dinasti Ottoman, dan kisah pembantaian terhadap sesama Muslim dimulai. Mekah yang begitu suci dijadikan tempat jagal penyembelihan orang-orang Muslim, yang dianggap sebagai pelaku bid’ah. Wahabi merasa tidak puas menghabisi orang-orang Muslim di kandangnya sendiri (baca; Jazirah Arab), akhirnya Wahabi pun menyembelih orang-orang Muslim Syi’ah di Karbala.
Jargon pemurnian Islam yang diusung Wahabi menjadi ironi. Lantaran sejatinya mereka bukan memurnikan Islam, tapi mengeringkan Islam. Mendesain Islam sebentuk jalan setapak dan sempit. Sejenis cara berfikir identitas, yang memberikan ukuran-ukuran pasti dan sekematisasi kaku. Siapa pun harus dibentuk, tidak bisa membentuk. Jika sekema itu berbentuk kotak, maka dia harus menjadi kotak. Islam ditonjolkan dalam militansi kesalihan-formalis: bercelana di atas mata kaki, berjenggot, becadar, dll. Hanya dengan itu pula identitas Wahabi dimanifestasikan. Dada kita akan semakin sesak jika kita melihat betapa Wahabi menselaraskan agama dan pemikiran keagamaan. Lantaran Wahabi tak memberikan sedikit pun hak akal dan intuisi untuk didayagunakan dalam bergumul dengan agama. Sementara kita tahu, bahwa pemikiran keagamaan adalah produk ijtihadi penalaran manusia hasil pergumulan dengan agama dan realita. Pemikiran keagamaan akhirnya akan selamanya majemuk.
Wacana teologi yang diusung Wahabi adalah sejenis wacana yang absen dari percaturan ilmiah, dengan mengembalikannya ke dalam wacana “religius murni” yang bertumpu pada makna literalisme teks-teks primer agama (Quran&hadits), yang bersifat univositas. Bahasa metafor (majaz) adalah barang haram. Berteologi dengan berfikir atau penghayatan-intuitif adalah tindakan kriminal! Syahdan, Wahabi dalam menyikapi ayat-ayat ketuhanan pun tetap berpegang pada makna literalisnya. Yadu-Allah, semisal, diartikan bahwa Tuhan mempunyai tangan, seperti pendapatnya para salaf al-salih, demikian Wahabi berkata. Sejatinya nama besar dan harum “salaf al-salih” di sini sedang dijual sebagai alat legitimasinya. Terbukti, para salaf al-salih dalam menyikapi ayat-ayat ketuhanan, semisal Yadu-Allah, dengan tanpa menentukan makna, dan menyerahkan maknanya kepada Allah. Wa-llahu A’lam. Sementara kita tahu bahwa Wahabi telah menentukan makna literalisnya, dan terperosok ke dalam tajsiem (mempersonifikasi Tuhan yang berjasad). Pengakuan Wahabi sebagai madzhab salaf menjadi musykil. Bahkan, wacana teologi ala Wahabi yang hendak mensakralkan Tuhan, tapi berujung pada desakralisasi Tuhan, bisa jadi akan membawa pada agnostisisme.
Prinsip Wahabi ini tak selaras dengan ujaran Nabi, bahwa: “al-Quran bagaikan intan permata, yang setiap sisinya memancarkan cahaya yang beragam”. Ini adalah petanda bahwa bahasa al-Quran adalah bahasa yang ambigu dan bahkan ekuivositas (kemajemukan makna). Ada lapisan makna yang terkandung dalam bahasa al-Quran. Karena itu, semisal para teolog, para filsuf dan sufi dalam merumuskan bangunan teologinya dengan epistemologi filosufis-religius, yang diistilahkan Immanuel Kant dan Heidegger dengan “onto-teologi”. Piranti “analogi”, semisal, telah digunakan. Penalaran dan eksperimentasi didayagunakan untuk menyibak kandungan makna al-Quran yang begitu majemuk, demi meraih penyucian dan pensakralan Tuhan yang jitu.
Muhammad Abduh sebagai saksi mata menilai Wahabi adalah gerakan pembaharuan yang paradok: hendak mengibaskan debu taklid yang mengotori, tapi di saat yang sama menciptakan taklid baru yang lebih menjijikan. Muhammad Abduh dan Wahabi sejatinya terikat dalam satu mimpi bersama, yaitu mengembalikan Islam pada masa Islam belum terkotak-kotak dalam beragam sekte. Biasa diistilahkan sebagai “neo-Salafisme”. Tapi keduanya memilih jalan yang berbeda: Abduh melalui jalan rasionalis, sehingga diklaim sebagai neo-Muktazilah; Wahabi melewati jalan literalis, sehingga diklaim sebagai neo-Khawarij. Pangkal paradoksalitas Wahabi tercium oleh Abduh dalam menjatuhkan pembaharuannya pada jalan literlisme, yang menghantarkan pada “taklid baru yang menjijikan”. Berimplikasi pada pendangkalan Islam yang tak bisa dielakkan: menghempas progresif, mendulang regresif.
Baru-baru ini saya mendapatkan buku murah di pasar buku lowak (azbaciah) yang bertajuk “al-Sa’udiyyun wa al-Irhabi: Ru’yah ‘Alamiyah” (Orang-orang Saudi dan Terorisme: Sebuah Pandangan Dunia): Riadh, 2005. Sejenis bunga rampai, memuat tulisan dari berbagai kalangan. Ada satu sub judul yang membicarakan relasi terorisme dan Wahabi. Cukup beragam tulisan itu: ada yang menohok bahwa Wahabi adalah salah satu sumber merebaknya terorisme, dan ada yang menyucikan Wahabi dari terorisme. Tapi, penyucian Wahabi dari terorisme menjadi sangsi jika kita melihat kenyataan selalu saja ada pihak yang bergabung dalam komplotan terorisme berkedok agama, yang telah menyerap doktrin Wahabi. Dan benarkah kalau mereka hanyalah sekedar oknum?

8 comments:

This Looks like awesome forum or is this a blog? Sorry I am a newbie.
__________________________________
Dayton Roofing

[b][url=http://www.louisvuittonhandbagsu.co.uk/]Louis Vuitton UK Handbags[/url][/b] Adam Matthew Vinatieri (born December 28, 1972 in Yankton, South Dakota) is undoubtedly an American soccer placekicker at present enjoying to the Indianapolis Colts. He has performed in five Tremendous Bowls, 4 aided by the New England Patriots and just one with the Colts, profitable all but just one. (The Colts went to Super Bowl XLIV but Vinatieri was a wholesome scratch.) Vinatieri received an excellent Bowl in 2006 with Indianapolis and received Super Bowls in 2001, 2003, 2004 together with the Patriots.

[b][url=http://www.cheapuggbootswebsite.com/]cheap ugg boots[/url][/b] Gay Widdringtons appreciate affair using the Shih Tzu began when she bought a black and white bitch from Woman Brownrigg. The Shih Tzu breed was extremely unusual at the moment. The Shih Tzu pet Gay Widdrington obtained was only the 2nd era through the first three Shih Tzu imported into your British Isles from China in 1930.

[b][url=http://www.uggsbootsoutletmarket.com/]uggs boots[/url][/b] SATC spends too much time dawdling, but on the end it boils its theme right down to twelve words. An estranged few after communicated by reading like letters from well known people today. Now, the longtime stud sends this e-mail to his wounded partner: "I know I screwed it up, but I will really like you forever.".

[b][url=http://www.louisvuittonhandbagsu.co.uk/]louis vuitton handbags[/url][/b] On the other hand, this does not come about signify distributors can have to exhibit burning. The minute almost any precise variety your designer purse processing business receives to be well-known, a promote increases approximately night time restraints. More affordable cost is most what people prefer, and they will find precisely the same products and expert services just about every time they private considered basic with the sacks.

[b][url=http://www.louisvuittonhandbagsu.com/]louis vuitton outlet[/url][/b] The reissue significantly only represents Chanel bags that resemble the original Mademoiselle designed bags. The reissue bags are also accessible inside of a even bigger number of measurements (toddler to jumbo) while the timeless flap is only presented in compact, medium and jumbo. A jumbo common or reissue is pretty extremely coveted! Almost on a yearly basis Chanel problem quite a few new kinds based on the basic flap/2.fifty five or reissue, with variations on material, chain, colour and adornment..

www.salelouisvuittonbagsus.com With that being that they're mentioned,your loved ones not merely can they've a multi purposeful parcel to learn more on accomplish through the entire a number of hour This implies your friends and family can confusion about. Your get to slumber time frames forward and backward passes on need to be a good deal less than a multi practical moment,or at the very least all your family members are going to educate by yourself about owned or operated out and about relating to a time period The employing the component concerning this generally that a source box shall be able to receiving your heart pumping and bonus your cardiovascular decide on on standard. You not just can in addition they be the situation raising your metabolism on these kinds of basis as offering your are you currently feeling a multi useful in line with the for yourself intensity exercise Any time you improve your metabolism,all of your household complete up scalding fat the distance right after your friends and family have completed working on the town,for illustration any time you are do almost nothing more than resting!.

www.saleuggbootsstore.co.uk Cheap Gucci Bags Ebay,but keep in mind it particularly crucial to find out more about be on the lookout into going to become the seller record prior to buying nearly anything. Appear by advertising and marketing and advertising and marketing heritage and shopper feedback just before your loved ones receive and deliver any individual any funds enchanting the sports activities watches you discover all over the eBay. You could get numerous diverse methods to find out more about a great deal of further an all in one sports activities check out.
Enlightenment arrives when we comprehend that there's no variation amongst joy and suffering. This is certainly extremely hard when our notion is stuck with the bottom in the pendulum. If we are able to be continue to, and raise our notion for the top in the pendulum, we could be aware that our situations have been made by us which as well will pass.

ugg boots cheap Immediately after all, ordinary men and women using a modest spending plan would not like to invest their hard-earned cash on a luxurious item only. Getting Louis Vuitton reproduction handbags is de facto a straightforward different to this issue. Almost all of the caliber of Louis Vuitton purses that displays 100% of your authentic but are offered at economical charges and are generally made to fulfill the mass industry..
Not any one was regarded to commonly be louis vuitton terrific. Using your many various opportunities, it may well be overpowering about which go tote to pick. (601600. Having said that, you may need for making absolutely sure you might have ample sleepwear to acquire you through the entire trip. Packing to get a excursion is usually discouraging and it may be much more annoying once you arrive and you realize you do not have every little thing you need. The best way to produce absolutely sure packing goes smoothly and you also are prepared for your wonderful vacation would be to get organized beforehand.

louis vuitton wallets That is definitely why it can be significant to find out that just one distinctive can never at any time go poor with loafers for males because they unquestionably can be a purchase louis vuitton bags variety of kinds accessible for only a one for creating their come to a call on. They're fantastic sneakers created from terrific significant good quality components subsequently the user can put them on to the prolonged time. When you've got any worries regarding your possess well being or perhaps the health of your respective kid, you ought to always consult with having a medical doctor and other healthcare qualified.

top [url=http://www.001casino.com/]free casino bonus[/url] brake the latest [url=http://www.casinolasvegass.com/]online casinos[/url] unshackled no set aside reward at the leading [url=http://www.baywatchcasino.com/]casino games
[/url].

top [url=http://freeonlinecasinoreviews.co.uk/]online casino[/url] coincide the latest [url=http://www.casinolasvegass.com/]casino games[/url] manumitted no deposit perk at the foremost [url=http://www.baywatchcasino.com/]unshackle casino games
[/url].

Did you [url=http://www.onlinecasinos.gd]casino games[/url] identify that you can do Revolving Mansion momentarily from your mobile? We surrender not later than a protrusion transportable casino within reach against iPhone, iPad, Android, Blackberry, Windows 7 and Smartphone users. Bear non-spiritual goods of your gaming with you and be a prizewinner [url=http://www.appydomain.info]sex[/url] wherever you go.

Hello. [url=http://blue-pil.com/en/item/generic_xenical.html]buy xenical[/url] get this deals [url=http://ph-pills.com/en/item/generic_alli.html]diet[/url]